ini nih ane kasi solusi biar motor gak gampang ngadat. . . .
1. cek busi
cukup di cek ujung katoda dari businya bro, kalau ujungnya udah habis, alamat suara knalpot meletus" kayak glating gun... hahahaha
gambar di atas adalah contoh busi yg habis katodanya.
ada juga yang elektrodanya kotor atau juga berkerak, ini juga bisa jadi problem juga bro, biasanya cukup diamplas dengan amplas yg alus & mulus agar cepet bersih, hehehe :-D
tapi ada syaratnya bro, bagian katoda (yg di tengah ujungya didalam keramik) jangan di gosok, bisa aja mengurangi ketinggian katoda yg berakibat motor malah kaga' mau "playon" yg bener elektroda yg berbentuk bengkong di ujung busi lah yg harus diamplas, tapi jangan lama" ya bro, biar gak habis tuh elektroda,
2. selalu cek ketengangan rantai
kenapa ane upload h*nda GL max??
karena gear sprocketnya sama bisa dibilang kloningan happy nexium,
cuma gear depan di gede'in 15 gigi & gear belakang diganti ukuran 41 & rantai ukuran 428 L 128 H kalau rantai agak motong 3 mata sih, kan standar nexium cuman 125 mata, kjalau mau lebih kenceng lagi ane kasi rumusnya dah,
top speed = ratio
ratio = rear sprocket : front sprocket
misalnya standar nexium : 41 : 15 = 2,7333 di kurangi max RPM 9500 jadi 9,4 n/m per 9500 RPM
kalau di bikin full top speed tapi start kurang (buat yg biasanya suka touring)
jadi 39 : 15 = 2,6 dikurangi max RPM 9500 jadi 9497,4 yg di buletin jadi 95 n/m per 9500 RPM,
jadi kalau top speed standarnya 120 km/h jadi 155 km/h
jadi dengan kata lain pebandingan gear sprocket sama rantai gak main-main lho,
o iya jangan lupa cek ketegangan rantai bro, soalnya kalau kelupaan bisa lepas tuh rantai dari sproketnya, lebih parahnya lagi bisa mengikis shifting rod nya, kikis yg berakibat patahnya shifting rodnya kayak punya ane nih bro :-(
tuh shifting rod patah gara-gara rantai ane kedur-kenceng, akhirnya ane cari bekas di gudang nemu punya minerva R150 vx, n hasilnya ... plug n play. . .
adapun cara yg agak ber-uang dikit, dengan di las almunium alias dipopok kalau bahasa kerennya, hehehehe :-D
3. cek celah klep
ini nih yg orang awam kurang tau, ane kasi tau yah, kalau dari sininder kop terdengar bunyi kemelitik yg agak kasar maka kudu waspada sama problem yg satu ini nih, soalnya kalau gak diperhatiin biasanya motor malah jadi boros tapi tarikan gembos,
caranya bisa di setel sendiri kalau ada kuncinya ataupun di bawa ke bengkel kepercayaan anda masing-masing. perlu diketahui standar celah klep nexium, (0,008 in & 0,010ex) bisa bikin motor gembos, pasalnya tuh setelan kan standarnya mio, untuk mengatasi kendala tersebut maka ane berani ngasih standar sendiri, yaitu 0,010 mm in & 0,012 ex untuk menyamakan peak / sudut klep di dalam ruang bakar, di jamin dah motor happy anda akan sipp dijalanan, hehehehehe
sekian dulu ya bro, makasih udah baca artikelnya
salam brotherhood HSRC-N Malang 004
mas bro itu busi yg di gosok katanya yg bengkok,, tp itu gambarnya kok yg didalam ?
BalasHapusitu contoh yg keliru broo.
Hapuskeren mas bos :D
BalasHapusmisi gan,, mau numpang tanya nih,, ko nexium ane getarannya kenceng bgt ya,,,sampe pgel tangan jarak dket
BalasHapusjuga,, mohon petunjuk mengurangi getarannya gan, terimakasih..
getaran'e gimana? udah dicek noken sama kruk-asnya apa belum??
Hapusmas bos, nexiku kok ada suarane icik2 gitu iki piye ?
BalasHapusdari mana bro sumber.e? kalau dari arah arm bisa rantainya, kalau dari mesin bisa rantai kamrat.nya kendur itu, kalau dari depan hati" klaker ban depan...
Hapus